There she goes
There she goes again
Racing through my brain
And I just can’t contain
This feeling that remains

Sixpence None The Richer – There She Goes

Ya ya ya, mimpi apa saia semalam kok posting beginian. Oke, ini tentang sebuah tool pemusnah kebosanan saad darurat dalam kegelapan. Kegelapan disini bukan gara2 gak ada lampu ato lagi gerhana matahari. Kegelapan disini adalah ketika cuman ada koneksi internet dan Console tanpa GUI atau X-Windows sekalipun. Singkad kata, just plain Shell. Dan ya, ini sangat tidak penting sekali dan saia gak peduli, secara saia suka kena “Acute Boring Syndrome” dadakan, maka chatting adalah cara tercepat buat mengatasinya, hohohohoo…

Oke bek to topik. Its all about IRSSI, sebuah client chatting berbasis command line, dan ya, memang basbang banget tapi terus terang saya baru tahu yang ini, dari dulu seh tahunya cuman bitchx. Dan bukan, ini bukan psy/bouncer/bot, lain cerita beda naskah.

Sekedar biar gak lupa, soalnya saia pelupa:

Masuk ke irssi
start awal

Tampilan pas udah connect
connect

Tampilan pas join ke channel
join channel

Skrinsut Tambahan
skrinsut tambahan

Jadi, di IRSSI ini menggunakan sistem screen/window yg unik (halah aslinya lho saia baru tahu), tiap kali kita join channel atau melakukan query, secara default akan dibuatkan screen/window baru.

Perintah dasar:

irssi = masuk ke client IRSSI
/connect server port = koneksi ke server dan port tertentu, ex. /connect irc.freenode.net 6668
/disconnect = membatalkan koneksi
/rmreconns = menghentikan looping reconnect ketika gagal melakukan koneksi (oh iya, irssi ini secara defaul bakal melakukan koneksi ulang tiap kali gagal melakukan koneksi ke server)
/join #namachannel = join ke channel tertentu, ex. /join #debian
/nick nickname = ganti nick, ex. /nick reversal
/q nickname = melakukan query ato private message ke user lain, ex. /q D4rk_4venger
/wc = menutup screen yg sedang aktif
/set theme namatema = menggunakan tema baru, ex. /set theme purplechat (tema ini disimpan di folder .irssi/ pada direktori home)
/quit = keluar irssi

alt+(angka 1-9) atau alt+(keypad kanan) atau alt+(keypad kiri) digunakan buat pindah-pindah screen.

Sebenernya masih banyak seh perintah” lain, trus konfigurasi file confignya, gimana make multiserver, addon script, dll .. cuman aq belum nyoba semua.. so far cuman butuh segitu seh (bilang ae blum bisa!!!).

Tautan luar:
IRSSI Official Site
IRC

Advertisements